Pengembangan Cukapu Framework di Tahun 2018

Setelah berselang beberapa lama tiada pengembangan pada Cukapu Framework selama di tahun 2017, akhirnya saya memulai kembali mengembangkannya di tahun baru 2018. Dengan menggunakan teknologi pengembangan aplikasi web yang telah distandarkan para pengembang aplikasi web. Diantaranya penggunaan Github, Packagist dan Composer.

Github adalah repository online yang digunakan untuk menyimpan source dan dilengkapi dengan versioning. Versioning maksudnya, setiap kali terjadi perubahan kode yang dilakukan oleh pengembang, maka semua akan tercatat, sehingga memudahkan pengembang saat melakukan audit. Packagist adalah list dari semua library PHP yang ada di internet. Para pengembang yang ingin mempublikasikan library ciptaannya perlu mendaftarkannya di web Packagist. Packagist dan Github dihubungkan melalui hook sehingga saling sinkron. Composer adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola paket library dalam pengembangan aplikasi web. Dengan menggunakan command line, maka pembuat aplikasi web dapat mendownload ataupun mengupdate library yang digunakan di dalamnya. Ketiga teknologi ini perlu diketahui bagi pengembang web pemula karena saat ini para pengembang web telah menggunakannya sebagai standar. Memang masih agak rumit, tapi jika sudah tahu cara menggunakannya, maka kelebihannya dapat dirasakan.

Saat ini saya telah berhasil menggunakan ketiga teknologi ini dalam pengembangan Cukapu Framework. Saat ini, library tidak lagi didownload langsung secara mentah, melainkan menggunakan command line Composer. Dengan begini, pengembang library dapat mengetahui jumlah pengguna library. Ini membuat interaksi pengembang dan pengguna menjadi lebih interaktif.

Sedangkan untuk fitur, saya menyediakan fitur-fitur berikut ini di dalam Cukapu Framework.

  1. Semi-HMVC (Hierarchical Model-Video-Controller)
  2. DOM (Document Object Model) Communicator
  3. Multi-Theme
  4. MySQL Table Abstractor

Saya merasa tertantang untuk memisahkan sepenuhnya antara server-side dan client-side. Jika PHP framework yang lain umumnya menggunakan view yang berupa berkas PHP, Cukapu Framework menggunakan berkas HTML. Selain itu, tidak ada lagi penggunaan tag khusus yang menggunakan kurung kurawal. Cukapu Framework menggunakan atribut HTML untuk memproses view.

Our Location

company 1
company 2
company 3
company 4