Cara Mengganti Bahasa Pada Wordpress

Saya saat ini tinggal di Jepang. Bekerja di salah satu perusahaan IT di Tokyo. Ini adalah proyek pertama saya, yaitu membuat website menggunakan Wordpress. Bahasa utama yang digunakan tentunya bahasa Jepang. Jadi saya harus mengganti bahasanya dari bahasa Inggris ke bahasa Jepang.

Jujur saya bukan ahli Wordpress, tapi karena tuntutan pekerjaan, ya mau tidak mau harus ikuti apa yang digunakan perusahaan. Selama di Indonesia, saya terbiasa mengembangkan website dengan gaya pemrograman sendiri. Tapi saya tidak pernah mengatakan, "Saya tidak tahu sama sekali tentang teknologi yang anda maksud". Saya berkata "Saya pernah mendengar dan mencari tahu tentang teknologi yang anda maksud, jika saya diberi kesempatan untuk mempelajarinya lebih dalam, bukan tidak mungkin saya bisa menguasainya".

Setelah mendownload Wordpress versi terbaru, memilih bahasa dari list yang muncul. Saya memilih bahasa Jepang (日本語). Kemudian, saya melakukan instalasi seperti biasa. Tapi saya heran, kok bahasanya masih bahasa Inggris. Saya mengira tidak ada yang salah dan saya tetap melanjutkan instalasi. Instalasi selesai dan saya login dan dashboard masih berbahasa Inggris.

Saya memang dari awal mendownload Wordpress yang berbahasa Inggris, tapi saya baru tersadar, seharusnya saya mendownload Wordpress yang berbahasa Jepang. Tapi saya pikir, nanti bahasanya bisa diubah ke bahasa Jepang kok. Saya coba mengganti bahasanya dari pengaturan, tapi dicoba berkali-kalipun, bahasa halaman tidak berubah. Setelah saya cari biang keladinya, ternyata harus download dan instal data bahasa. Bagi yang sudah terlanjur mendownload Wordpress yang berbahasa Inggris, saya akan mengajarkan bagaimana mengganti bahasanya.

Download Data Bahasa

Di suatu komunitas, orang-orang dari berbagai dunia mendedikasikan dirinya untuk menerjemahkan Wordpress ke berbagai bahasa. Anda bisa mengakses daftar bahasa tersebut di alamat URL https://make.wordpress.org/polyglots/teams/. Silahkan pilih bahasa yang ingin digunakan. Klik link View Team Page

Japanese Language Options

Klik button Download language pack untuk mendownload data bahasa. Setelah didownload, selanjutnya adalah instalasi data bahasa.

Instalasi Data Bahasa

Silahkan buka folder bahasa di dalam folder Wordpress anda. Folder bahasa berada pada lokasi wp-content/languages. Jika di dalam folder wp-content belum ada folder languages, maka buatlah folder baru bernama languages. Buka data bahasa yang didownload tadi menggunakan WinRAR atau WinZip, dan ekstrak datanya ke folder languages.

Setting Bahasa

Silahkan buka dashboard Wordpress anda dan buka halaman pengaturan umum dari menu Settings > General. Lihat ke pilihan Site Language. Jika sudah terinstal dengan benar, di dalam pilihan akan muncul bahasa yang anda instal tadi pada Installed. Pilih bahasa yang anda instal tadi dan klik button Save Changes untuk menyimpan pengaturan. Halaman Wordpress anda akan berganti bahasa.

Japanese page

Sumber

http://www.wpbeginner.com/wp-tutorials/how-to-install-wordpress-in-other-languages/

 

Our Location

company 1
company 2
company 3
company 4