Cara Membuat Halaman Statis dengan Template Custom di Wordpress

Wordpress saat ini banyak digunakan oleh pengembang web untuk membuat website. Begitu pula di Jepang, Wordpress digunakan untuk membuat website. Dari proyek pertama yang diberikan, website diminta dibuat menggunakan Wordpress. Saya bertanya-tanya, bagaimana bisa Wordpress yang notabene adalah CMS untuk blogging, bisa diubah menjadi website futuristik. Ternyata kuncinya adalah melakukan kustomisasi terhadap tema dan halaman statis.

Kustomisasi adalah upaya mengubah, menambah atau menghapus konten suatu sistem agar sesuai dengan yang kita inginkan. Wordpress yang notabene adalah CMS untuk blogging, bisa dikustom menjadi website. Tentu saja kita tidak melakukan perubahan pada inti sistem. Perubahan hanya dilakukan pada ruang lingkup tema saja. Untuk hal yang berhubungan dengan proses dan database, saya sarankan untuk tidak mengutak-atik inti sistem. Untuk hal tersebut, saya menyarankan untuk menggunakan atau membuat plugin.

Membuat Template Custom

Template diletakkan di dalam folder tema Wordpress. Folder tema berada pada lokasi wp-content/themes. Jika anda membuka folder tersebut, maka akan muncul tema apa saja yang terinstal di Wordpress anda. Sebelum membuat template, anda harus tahu terlebih dahulu, dari daftar tema yang terinstal, tema mana yang sedang diterapkan atau digunakan halaman Wordpress anda saat ini. Jika sudah tahu nama tema dan nama folder temanya, maka buka folder tema tersebut. Karena template akan dibuat di dalam folder tema yang sedang digunakan. Sebagai contoh, pada Wordpress saya, tema yang sedang digunakan adalah Twenty Seventeen. Setelah saya lihat dari daftar folder di folder tema, folder temanya adalah twentyseventeen.

Buka folder tema tersebut, dalam kasus saya, saya buka folder wp-content/themes/twentyseventeen. Di dalam folder inilah berkas untuk template dibuat. Anda dapat melihat di dalam sana berkas-berkas apa saja yang ada di dalam folder tema tersebut. Secara default, halaman statis menjalankan berkas bernama page.php. Jika ingin membuat template sendiri, maka buatlah berkas PHP baru dan berikan nama sesuai yang anda inginkan. Kode di bawah ini ditulis dalam bentuk komentar. Di dalam komentar tersebut kita definisikan nama template. Hal ini akan memberitahukan kepada sistem bahwa tema ini punya template dengan nama yang tertera.

<?php /* Template Name: Template Tambahan */ ?>

Salin dan paste kode di bawah ini ke berkas yang anda buat tadi.

<?php /* Template Name: Template Tambahan */ ?>

<h1><?php the_title(); ?></h1>

<?php
if (have_posts())
while (have_posts())
the_post();
the_content();

Simpan perubahan berkas tersebut. Template tambahan telah dibuat dan anda dapat menggunakannya setiap kali anda membuat halaman statis.

Mengatur Template pada Halaman Statis

Buat atau ubah sebuah halaman statis dari menu Pages. Coba lihat pada samping kanan editor, muncul pilihan bernama Template untuk memilih template yang ingin anda setting untuk halaman statis yang anda buat atau ubah tadi. Pilih template yang anda buat tadi lalu klik Publish untuk menyimpan perubahan. Ketika anda 

Sumber

 

Our Location

company 1
company 2
company 3
company 4